Masuk Rumah Jadi Ayam Penyet

Hari menjelang sore ketika Inaya teringat bahwa sekarang sudah waktunya untuk memberi makan ayam bangkok betina kesayangannya. Serta merta dia pergi meninggalkan kamarnya dan bergegas menuju belakang rumahnya dimana kandang ayam tempat ayamnya dikandangkan berada. Kandang ayam tersebut terbuat dari kayu dan bambu, dibeli dari pasar beberapa waktu yang lalu dengan uang dari pemberian mamanya. Secara perlahan Inaya membuka pintu kandang ayam tersebut agar ayam bangkok betinanya bisa keluar dan mau memakan pakan ayam yang dengan sengaja ditaruhnya di dalam batok kelapa yang dibelah dan diletakannya di atas tanah di hadapannya. Seakan-akan mengerti dengan apa yang diinginkan oleh tuannya, ayam bangkok betina tersebut segera keluar dari kandangnya dan mendekati pakan ayam yang telah disediakan oleh Inaya untuknya.

Melihat ayam bangkok betina peliharaannya makan dengan penuh semangat, Inaya merasa bahagia. Namun demikian, seketika itu dia terbayang akan resep gulai ayam yang tadi siang dibacanya di wordpress milik Hidayati. Salah satu bumbu yang wajib ada untuk memasak gulai ayam menurut resep gulai ayam yang dibacanya tadi siang tersebut adalah kunyit. Kunyit merupakan bumbu masak yang dikenali dengan warnyanya kuning meskipun demikian tidak semua bumbu masak yang berwarna kuning adalah kunyit. Bagi kebanyakan orang, warna kuning pada makanan bisa meningkatkan nafsu makan. Apalagi masakan itu adalah gulai ayam yang enak rasanya...

Inaya kaget bukan kepalang ketika tiba-tiba ayam bangkok betina yang sedang diberinya makan lari terbirit-birit kearah pintu belakang rumahnya. Secara tergesa-gesa Inaya kemudian mengejar ayam kesayanganya yang belum bertelur lagi itu, kearah pintu belakang rumahnya. Inaya merasa beruntung karena ayam tersebut berhenti tepat di depan pintu belakang rumah Inaya. Rupanya ayam tersebut berhenti berlari karena menemukan sesuatu yang bisa dipatuk-patuk disana. Inaya bersyukur kepada tuhan karena ayam tersebut tidak masuk rumah karena jika hal itu terjadi maka lantai rumah Inaya pasti akan kotor karena terinjak-injak ayam betina tersebut. Kalau lantai rumah Inaya sampai kotor, tahu sendiri akibatnya, Inaya harus segera membersihkan lantai rumahnya cepat-cepat atau mamanya akan marah besar bila sampai mengetahuinya.

This content was posted on at Dummy Text by Bagus Humawan