Udang Asam Manis atau Udang Goreng Tepung?

Teringat akan resep udang asam manis yang dishare oleh Hidayati, Inaya mengajak mamanya ke sudut pasar yang merupakan tempat para pedagang menjual hasil nelayan. Disana banyak sekali udang yang dijual oleh para pedngang mulai dari udang windu hingga udang galah yang merupakan kegemaran banyak orang, yang mungkin juga kegemaran nenek Inaya karena Inaya pernah melihat neneknya memakan kerupuk udang yang berwarna putih semburat kekuning-oranyean yang mana membiaskan kelezatannya. Sesampainya di depan seorang penjual udang, Inaya memperhatikan banyak sekali udang-udang yang sangat besar sampai kira-kira sebesar jempol kaki. Udang-udang tersebut berwarna hijau lumut dengan bercak-bercak berwarna abu-abu yang merata di punggungnya  Sejenak Inaya memandang mamanya yang berdiri disampingnya untuk meminta persetujuan mamanya. Sebentar kemudian mama Inaya nampak sibuk berbicara dengan penjual udang yang menjual udang yang tadi dilihat-lihat oleh Inaya beserta mamanya.

Sebentar kemudian penjual udang yang bersangkutan mengambil kantung plastik ukuran sedang dari dalam kiosnya. Beberapa saat kemudian penjual udang tersebut diatas keluar dari kiosnya untuk mendekati ember besar dimana udang windu yang dibeli oleh mamanya Inaya berada. Sedetik kemudian 3 ekor udang windu yang sangat besar tersebut diatas sudah berpindah tempat ke dalam plastik yang dipegang oleh penjualnya. Penjual udang tersebut merupakan seorang wanita yang cukup gemuk meskipun juga tidak bisa dibilang gendut. Selanjutnya, Inaya berinisiatif untuk meminta kantong plastik berisi 3 udang windu beserta sedikit air tersebut setelah melihat mamanya mulai mengeluarkan pursenya untuk melakukan pembayaran udang windu yang sudah dibelinya tersebut di atas.

Selanjutnya mereka berdua melanjutkan kegiatan mereka berdua berbelanja di pasar kabupaten tersebut. Mereka sepakat akan membeli tepung terigu karena setelah dipikir-pikir dan didiskusikan oleh mereka berdua mereka memutuskan untuk membuat udang goreng tepung karena menurut mereka udang goreng tepung lebih mudah dibuat daripada udang asam manis. Selain daripada itu jumlah udang windu yang mereka beli adalah 3 yekor ang mana pas dengan jumlah mereka yang juga 3 orang yaitu Inaya, mamanya Inaya, serta neneknya Inaya.

This content was posted on at Dummy Text by Bagus Humawan